Para Peneliti Cina Temukan Plester Oksigen Untuk Obati Luka Diabetes

Indonesiainside.id, Beijing – Para peneliti di Cina mengembangkan sejenis plester gel mikroalga untuk membantu menyembuhkan luka kronis pada pasien diabetes.

Selama ini, terapi oksigen telah digunakan untuk menyembuhkan luka pada pasien diabetes. Namun, cara itu belum efektif untuk memasukkan oksigen ke dalam lapisan kulit.

Luka kronis memang kerap dialami penderita diabetes. Sirkulasi darah yang buruk dan komplikasi menjadi penyebab luka dan memar sulit disembuhkan. Beberapa tipe luka yang paling parah bahkan dapat mengarah pada amputasi.

Para peneliti dari Universitas Nanjing memperkenalkan semacam plester penghasil oksigen yang terbuat dari hidrogel mikroalga hidup yang mampu menghasilkan oksigen terlarut selama proses fotosintesis dan membawanya jauh ke dalam lapisan kulit.

Dalam sebuah eksperimen, para peneliti membagi tikus dengan penyakit diabetes menjadi dua kelompok. Hasilnya menunjukkan bahwa luka selebar 1 sentimeter pada kelompok yang diobati dengan plester mikroalga ternyata mengecil 45 persen dalam waktu enam hari, sedangkan luka berukuran sama pada kelompok terapi oksigen tradisional hanya mengecil 20 persen.

Peneliti menemukan bahwa plester tersebut mampu membawa oksigen 100 kali lebih banyak ke dalam lapisan kulit tikus ketimbang terapi oksigen tradisional, papar artikel penelitian terbaru mereka yang diterbitkan dalam jurnal Science Advances.

Plester hidrogel mikroalga ini masih harus diujikan pada hewan sebelum uji klinis pada manusia. (EP/xh)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here