Ini Alasan Game Fortnite Dihapus dari Play Store dan App Store

Game Fortnite
Game Fortnite. Foto: Pixabay

Indonesiainside.id, Jakarta – Apple dan Google kompak menghapus “Fortnite” dari toko aplikasi mereka, App Store dan PlayStore. Hal ini dilakukan tak lama setelah Epic Games, pengembang (developer) game tersebut membuat sistem pembayaran sendiri di “Fortnite”.

Dikutip dari The Verge, Jumat (14/8), Epic (developer) memperkenalkan cara baru untuk membeli mata uang virtualnya yang diindikasi untuk menghindari potongan atau “persenan” pembayaran dari kedua raksasa teknologi tersebut.

Ia mengatakan bahwa pemain “Fortnite” yang membeli V-bucks melalui proses pembayaran langsungnya akan mendapatkan diskon 20 persen untuk pembelian mereka. Langkah itu dimaksudkan untuk mendorong pengguna melakukan pembelian di luar Apple dan sistem Google.

Apple biasanya mengenakan insentif sebesar 30 persen dari tiap penjualan yang dilakukan para pengembang aplikasi yang menjual layanan mereka di App Store.

Beberapa jam setelah diperkenalkannya sistem pembayaran langsung Epic, “Fortnite” tidak lagi tersedia untuk diunduh melalui App Store. Google pun mengikuti langkah itu beberapa jam kemudian.

Apple, melalui pernyataannya menulis, “Alasan Fortnite dikeluarkan dari App Store karena Epic membuat fitur yang belum diulas atau disahkan oleh Apple.”

“Mereka melakukannya dengan niat untuk melanggar aturan App Store terkait pembayaran dalam aplikasi (in-app payment) yang diterapkan bagi semua pengembang yang menjual produk dan layanan digital,” ujar Apple.

Google pun mengeluarkan sebuah pernyataan. Perlu diketahui, bahwa pengguna Android masih bisa mengunduh “Fortnite” menggunakan app launcher milik Epic, yang akan berbentuk file APK “Fortnite”.

DMCA.com Protection Status

1 KOMENTAR

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here