Perusahaan Israel Kembangkan Tongkat Berbasis Kecerdasan Buatan untuk Penyandang Tunanetra

Tongkat Tunanetra

Indonesiainside.id, Yerusalem– Sebuah perusahaan rintisan di Israel telah mengembangkan tongkat berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) guna membantu penyandang tunanetra atau gangguan penglihatan menavigasi secara mandiri, demikian disampaikan Otoritas Inovasi Israel (Israel Innovation Authority/IIA) pada Kamis (13/8).

Tongkat tersebut, yang dikembangkan oleh perusahaan perangkat medis RenewSenses, mendeteksi dan memberi tahu pengguna tentang apa dan siapa yang berada di dekat mereka. Perangkat genggam baru ini dirancang akan bergetar saat mendeteksi rintangan dan mengidentifikasi objek dengan sistem AI.

Alat itu terdiri dari sensor inframerah, yang mendeteksi jarak dan getaran ketika mendekati objek, dan sebuah kamera yang terhubung ke aplikasi ponsel pintar. Dengan begitu, pengguna dapat mengetahui objek apa yang ada di sekitar mereka, di mana letaknya, bahkan bagaimana objek itu muncul.

Perangkat tersebut, yang dikembangkan dengan dukungan IIA, dapat dipasang dengan mudah pada tongkat biasa, memberikan informasi audio tentang apa yang ada di depan pengguna, dan bergetar saat mendekati rintangan. RenewSenses, yang didirikan pada 2018 dan berbasis di Yerusalem, juga telah mengembangkan sebuah platform untuk mempelajari topik ilmu pengetahuan dan teknologi bagi para pelajar tunanetra dan penderita gangguan penglihatan. (AA/NE)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here