Google Akan Membayar Penyedia Layanan Berita

Google

Indonesiainside.id, Jakarta – Google mengatakan pihaknya meluncurkan layanan berita baru bekerja sama dengan 200 penerbit berita di seluruh dunia.

Raksasa teknologi informasi itu akan berinvestasi lebih dari satu miliar dolar dalam program itu selama tiga tahun mendatang.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis (01/10), perusahaan itu mengatakan layanan Google News Showcase itu akan menampilkan panel-panel berita yang akan memungkinkan penerbit meracik berita-berita yang ingin ditampilkan.

Google mengatakan telah menandatangani kemitraan untuk layanan itu dengan penerbit-penerbit utama di Eropa, Amerika Utara dan Selatan, serta kawasan-kawasan lain.

Layanan itu diluncurkan di Jerman dan Brasil pada hari Kamis dan akan diperluas ke negara-negara lain secara bertahap.

Langkah ini dilakukan di tengah semakin banyaknya perusahaan berita yang menuntut Google membayar bagi berita-berita yang muncul di platformnya.

Para pengamat mengatakan Google tampaknya ingin mengurangi frustrasi di antara penerbit-penerbit berita dan menghapuskan kritikan di dalam negeri bahwa perusahaan itu mencegah kompetisi yang adil dengan memanfaatkan posisi monopolinya.(EP/NHK)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here