Perkuat Keamanan Siber, Singapura Luncurkan Rencana Induk Dunia Maya

singapura
Lanskap Kota Singapura (ilustrasi). Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Singapura– Wakil Perdana Menteri (PM) Singapura Heng Swee Keat mengumumkan Rencana Induk Dunia Maya yang Lebih Aman (Safer Cyberspace Masterplan) 2020 Singapura pada acara pembukaan Pekan Siber Internasional Singapura (Singapore International Cyber Week) secara virtual pada Selasa (6/10) malam waktu setempat.

Wakil PM tersebut mengatakan rencana induk itu menguraikan cetak biru pemerintah untuk menciptakan dunia maya yang lebih aman di Singapura. Iduk Dunia Maya juga akan mengatasi ancaman sehari-hari dunia maya dalam jumlah besar yang dihadapi oleh masyarakat, bisnis, dan organisasi Singapura.

Heng menjelaskan bahwa kejahatan dunia maya di negara itu meningkat lebih dari 50 persen secara tahunan pada 2019, dan kejahatan dunia maya dewasa ini menyumbang seperempat lebih dari semua kejahatan di Singapura. Meskipun kejahatan umum telah turun, kejahatan dunia maya justru meningkat.

“Tren ini bukan berarti kita mundur dari digitalisasi,” ujar wakil PM itu. “Sebaliknya, di saat arena digital berkembang, kami harus melipatgandakan upaya untuk memperkuat ketahanan terhadap ancaman dunia maya.”

Rencana induk tersebut berfokus pada tiga terobosan, yaitu langkah-langkah hulu untuk mengamankan infrastruktur digital inti Singapura, pendeteksian dini guna melindungi aktivitas dunia maya warga Singapura, serta memberdayakan masyarakat untuk membangun kesadaran yang lebih besar dan penerapan praktik aman di dunia maya.

Menurut sebuah rilis pers dari Badan Keamanan Siber (Cyber Security Agency/CSA) Singapura, di bawah rencana induk itu, pemerintah Singapura akan bekerja sama dengan operator jaringan seluler untuk mengamankan jaringan 5G Singapura, serta meninjau dan memperbarui standar keamanan awan berlapis untuk layanan komputasi awan, guna memperkuat perlindungan arsitektur internet di Singapura.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here