Diserang Hacker, Badan-badan Pemerintah Iran Waspadai Serangan Dunia Maya

Ilustrasi hacker. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Tehran–Layanan Keamanan Informasi Iran (MAHER) mendesak berbagai lembaga pemerintah untuk tetap waspada dalam mengantisipasi serangan siber yang akan datang. Badan keamanan informasi mendesak kewaspadaan menyusul serangan baru-baru ini terhadap 2 lembaga pemerintah.

Pemberitahuan itu muncul setelah dua lembaga pemerintah awal pekan ini mengalami serangan siber yang sangat mengganggu. “Insiden serangan dunia maya besar itu terkait dengan dua organisasi pemerintah dan pihak berwenang terkait menangani masalah tersebut,” kata MAHER dalam sebuah pernyataan.

Badan tersebut tidak merinci badan pemerintah mana yang terkena serangan itu, tetapi Organisasi Pelabuhan dan Maritim kemudian mengonfirmasi bahwa itu diserang. Ini bertanggung jawab untuk menjalankan semua pelabuhan utama dan pelabuhan dan menyediakan fasilitas yang diperlukan untuk perluasan perdagangan maritim.

Serangan dunia maya telah mendapatkan momentum di Iran dalam beberapa tahun terakhir, dengan institusi pemerintah berada di bawah serangan terorganisir. Sasaran utamanya adalah pelabuhan, fasilitas nuklir, dan pabrik petrokimia. Target potensial telah diminta untuk tetap bersiap untuk menggagalkan serangan di masa depan.

Pada bulan Mei, Pelabuhan Shahid Rajaee di provinsi Hormozgan selatan mengalami serangan siber besar yang terkait dengan Israel dan dipandang sebagai pembalasan atas serangan siber Iran pada sistem distribusi air Israel. Pada bulan Juli, “insiden” misterius dilaporkan di fasilitas pengayaan nuklir Natanz Iran, merusak “gudang industri” dan mengirimkan gelombang kejut ke seluruh negeri.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here