Toshiba Luncurkan Teknologi Kriptografi Untuk Lindungi Data, Diklaim Aman Meski Diretas Superkomputer

Salah satu gerai Toshiba

Indonesiainside.id, Tokyo – Perusahaan teknologi asal Jepang, Toshiba Corporation mengumumkan rencana untuk memasarkan teknologi komunikasi kriptografi kuantumnya pada tahun fiskal 2021.

Teknologi yang dinamakan kunci distribusi kuantum ini ditujukan untuk melindungi data di Jepang dan negara lainnya.

Teknologi ini tidak dapat didekripsi bahkan oleh komputer kuantum yang dikenal dapat memecahkan masalah lebih cepat daripada superkomputer.

Sebagai proyek komersial pertamanya di Jepang, Toshiba telah menerima pesanan dari pemerintah Tokyo guna melindungi jaringan komunikasinya.

Di luar Jepang, Toshiba menjalin kemitraan dengan perusahaan telekomunikasi Inggris BT dan perusahaan AS Verizon Communications.

Persaingan dalam pengembangan teknologi ini tengah memanas di seluruh dunia. China juga berencana untuk menyebarluaskan teknologinya ke semua wilayah dalam negerinya pada 2025.

Toshiba merupakan perusahaan yang terkemuka dalam penelitian dan pengembangan di bidang ini, sekaligus memegang lebih banyak paten dibandingkan para pesaingnya.

Toshiba menargetkan untuk memasarkan teknologi ini lebih dulu dari perusahaan lainnya di Jepang dan luar negeri, serta meraih pangsa pasar terbesar di dunia.

Toshiba memperkirakan pasar global akan tumbuh hingga lebih dari 19 miliar dolar pada 2035.(EP/NHK)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here