Categories: Nasional

Ustaz Haikal Hassan Bertolak ke Arab Saudi, Ada Apa?

Oleh: Ahmad ZR

Indonesiainside.id, Jakarta — Ustaz Haikal Hassan hari ini bertolak ke Arab Saudi. Perjalanan dai yang akrab disapa Babe Haikal itu ke sana dalam rangka menunaikan ibadah umrah di Bulan Suci Ramadhan.

Hal itu diungkapkan salah satu sahabat dekat Haikal, Selo Ruwandanu. Dia menampik berbagai pesan berantai yang menyebutkan bahwa sang ustaz akan ditangkap polisi jika masih berada di Indonesia, sehingga melarikan diri ke Arab Saudi. Selo mengatakan, perjalanan umrah tersebut sudah direncanakan dan disiapkan jauh sebelum pemilu presiden (pilpres) berlangsung.

“Umrah ini juga sudah direncanakan jauh sebelum menerima surat pemanggilan polisi. Visa dan tiket sudah disiapkan, tidak bisa dibatalkan,” kata Selo kepada Indonesia Inside, saat dihubungi, Selasa (14/5).

Selo menuturkan, Haikal sendiri telah memberi tahu ihwal keberangkatannya ke Tanah Suci kepada pihak kepolisian. Pasalnya, pada Kamis (16/5) lusa Haikal sedianya dijadwalkan memenuhi panggilan Polda Metro Jaya.

“Babe sudah berkomunikasi dengan kepolisian terkait (pemanggilan) Hari Kamis besok. Jadi, definitif sebenarnya aman karena pihak kepolisian sudah tahu,” ujarnya.

Haikal menunaikan ibadah umrah bersama keluarganya. Dalam perjalanan ke Bandara Soekarno-Hatta tadi sore, ia juga mengungkapkan keprihatinannya terhadap kriminalisasi ulama yang sampai hari ini sangat marak dan besar.

“Babeh Haikal menitipkan pesan untuk terus membela Islam dan ulama,” ucap Selo.

Sebelumnya, Ustaz Haikal Hassan dilaporkan oleh politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Achmad Firdaws ke SPKT Bareskirm Mabes Polri karena diduga menyebarkan berita hoaks dan ujaran kebencian, Kamis (9/5). Surat tanda terima laporan bernomor STTL/300/V/2019/Bareskrim itu diunggah oleh akun Twitter milik politikus PAN, Mustofa Nahrawardaya.

Dalam unggahan itu, dikatakan bahwa perkara yang dituduhkan Fridaws kepada Haikal adalah penyebaran berita bohong, melalui media elektronik, kejahatan tentang penghapusan diskriminasi ras, etnik, dan SARA. (AIJ)

Share
Tags: Arab Saudi bareskrim polri Haikal Hassan

View Comments

  • kok kriminalisasi ulama sik ? . . .anda merasa salah ga trus siapa yg melantunkan Hoax dan ujaran kebencian hehehehe

  • Krimimalisasi...???? Mrmang kalian berkasus bilang kriminalisasi...!!! Jika.kalian tdk melakukan pelanggaran hukum tdk mungkin diperkarakan..

  • PelakuTopeng Agama berhamburan,nama Ulama di jual bela kepentingan,basi.........tangkap semua propokator khusus yg memperalat Agama.

    • Betul mrk sama sekali bukan ustaz. Mrk para penghianat bangsa. Berjuta2 org insya Allah sepakat bhw org2 itu bkn ustaz. Justru andaikan org2 itu tiada ,maka kedamaian pasti tercipta. Karena kegaduhan merk lah ahirnya bangsa menjadi terganggu.

  • Itulah ulama yg sebenarnya tdk mengharapkan jabatan, tapi berjuang untuk keadilan dalam rangka mencegah kemungkaran dan kedzaliman..