Mau Sukses Dunia-Akhirat, Bersedekahlah!

Sedekah itu Multi-Manfaat
Ilustrasi sedekah. Foto: Istimewa

Oleh: Herry M Joesoef

Indonesiainside.id, Jakarta – Banyak orang yang tetipu dengan dunia, lalu sibuk mengejarnya, pada saat yang bersamaan, ia melupakan akhiratnya. Akibatnya, Allah Subhanahu wa Ta’ala, akan melupakannya. Sebaliknya, mereka yang mencari dunia untuk urusan akhirat, dialah orang-orang yang sukses, baik di dunia maupun di akhirat.

Dalam sebuah hadits yang dinarasikan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda, “Barang siap melepaskan seorang mukmin dari kesusahan hidup di dunia, niscaya Allah akan melepaskan darinya kesusahan di hari kiamat. Barang siapa memudahkan urusan (mukmin) yag sulit, niscaya Allah akan memudahkan urusannya di dunia dan akhirat. Barang siapa menutup aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aibnya di dunia dan akhirat. Allah akan selalu menolong seorang hamba, selama hamba tersebut menolong sesamanya. Barang siapa menempuh perjalanan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan jalan baginya menuju surga. Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah untuk membaca Kitabullah dan mempelajarinya bersama-sama, melainkan akan turun kepada mereka ketentraman, rahmat Allah akan menyelimuti mereka, dan Allah akan memuji mereka di hadapan (para malaikat) yang berada di sisi-Nya. Barang siapa amalnya lambat, maka tidak akan disempurnakan oleh kemuliaan nasabnya.” (HR. Imam Musim)

Baca Juga:  Jangan Biarkan Pahala Sedekahmu Sirna Tak Berbekas

Dalam hadits ini terkumpul semua kebaikan. Jika mau ditolong oleh Allah, maka tolonglah saudaramu yang mengalami kesusahan. Mencari ilmu, mengkaji Kitabullah dan hadits Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa Sallam akan membuahkan ketentraman dan menjadi sebab turunnya rahmat Allah Ta’ala.

Mereka yang mendapat rahmat Allah itulah orang-orang sukses di dunia dan akhirat. Karena itu, lakukanlah amal-amal kebaikan yang dapat mengundang rahmat Allah Ta’ala. Salah satunya adalah dengan mengeluarkan sedekah. (HMJ)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here